Select Page

Pertanyaan:

Bagaimana dengan hukum kombucha, ( buah & teh yang telah di fermentasi dan terdapat kandungan alkohol). Syukron

Jawab:

Kombucha adalah teh jamur yang berasal dari Asia Timur dan tersebar ke Jerman melalui Rusia sekitar pergantian abad ke-20.¹
Teh kombucha adalah teh hasil fermentasi larutan teh dengan gula yang kemudian ditambahkan mikroba pemula yaitu bakteri Acetobacter xylinum dan beberapa ragi yaitu Saccharomyces cerevisiae, Zygosaccharomyces bailii, dan Candida sp.
Akibat proses fermentasi yang terjadi, teh ini mengandung berbagai zat seperti asam asetat, folat, asam amino esensial, vitamin B, vitamin C, serta alkohol.²

Hukum asal MAKANAN adalah HALAL sampai ada dalil yang mengatakan haram, disebutkan dalam Al-mausu’ah al-fiqhiyah:

الأصلُ في الأطْعِمةِ الحِلُّ، وهذا باتِّفاقِ المَذاهِبِ الفِقهيَّةِ الأربَعةِ: الحَنَفيَّةِ، والمالِكيَّةِ، والشَّافِعيَّةِ، والحَنابِلةِ، وحُكِيَ الإجماعُ على أنَّ الأصلَ في الأشياءِ الإباحةُ.
1- قال الله تعالى: هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا [البقرة: 29].

Artinya: “hukum asal pada makanan adalah halal, dan ini adalah kesepakatan imam empat madzhab: hanfiyah, malikiyah, Syafi’iyah dan hanabillah, dan telah dinukil ijma’ bahwa hukum asal sesuatau adalah boleh.

Allah berfirman:
“Dialah (Allah) yang menciptakan segala apa yang ada di bumi untukmu kemudian Dia menuju ke langit,”. (Surat Al-Baqarah, Ayat 29)

Dan terkait kombucha setelah terjadinya fermentasi sehingga mengandung alkhohol didalamnya, maka hal ini tidak lantas menyebabkan haramnya barang tersebut, selagi ia belum berubah menjadi jenis Alkhohol tersendiri, oleh karena itulah perkara ini kita kembalikan kepada hukum asal makanan dan minuman yaitu halal, dan siapa yang mengatakan bahwa kombucha adalah haram maka wajib mendatangkan bukti-bukti yang ilmiyah jangan hanya sekedar menghukumi berdasarkan dugaan yang belum jelas perkaranya.

Semoga Allah memberikan kepda kita ilmu yang bermanfaat dan istiqomah didalam mengamalkannya. Amiin.
Wallahu a’lam bish-shawab

Ustadz Abu Umair Kuswoyo

Sumber lain:
1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kombucha
2. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-risiko-teh-kombucha/?amp=1